Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Pesawat Di Reschedule?

 Hallo guys! Udah lama nih ga bikin artikel karena kemarin sibuk banget ngurusin dokumen buat pulang ke Oz. Untuk dokumen visa dan exemption Alhamdulillah banget lancar. Tapi ada sedikit kendala buat penerbangan karena ini pertama kali aku ke luar negri dan kena reschedule 😭. Aku jujur, ga paham harus gimana aja. Tapi karena aku kepo banget jadi i do everything. 

Dapat Email 

Jadwal terbang aku tanggal 24 november dan pas banget sabtu malam  21 November aku dapat email bahwa penerbangan aku di Reschedule oleh pihak maskapai. Oh baiklah gapapa sampai sini i'm fine belum tau harus gimana-gimana nih dan masih terus cek jadwal terbang aku di website maskapai.

Harus Validasi Penerbangan Baru

Nah hari Kamis tanggal 26 November aku dapat telepon dari pihak maskapai. Mereka mau konfirmasi kalau aku bakal terbang sesuai jadwal baru yang mereka reschedule. FYI hp aku ilang tanggal 15 November dan aku cepat2 ganti nomor hp aku di tiket yang udah aku booked. Dan aku baru tau ternyata setelah ada email reschedule walaupun pihak maskapai yang mereschedule jadwal penerbangan, kita sebagai penumpang harus tetap konfirmasi bahwa kita akan terbang pada tanggal sesuai tiket baru ke pihak Customer Service Maskapai. Dan kalian akan mendapat Eticket baru. Kalau belum dapat eticket baru harus segera konfirmasi baik lewat telepon, email ataupun live chat dengan pihak maskapai. Tapi saya sarankan untuk melalui live chat karena lebih cepat ditindak lanjuti oleh pihak maskapai. Sebenarnya tidak dapat eticket tidak apa-apa karena akan dicetak beserta boarding pass di bandara tetapi kalau kamu menggunakan asuransi perjalanan dan ingin merubah tanggal dari perjalanan lama ke yang baru, eticket baru ini sangat di perlukan untuk proses pembuatan polis asuransi perjalanan yang baru.

 Asuransi Perjalanan

Nah ini yang terakhir. Aku bener-bener gatau kalau tiket di reschedule, kita sebagai penumpang harus konfirmasi ke pihak asuransi perjalanan yang kita gunakan. Awalnya saya benar-benar tidak paham karena saya pikir ini udah otomatis bakal di ganti juga sama pihak maskapai karena saya beli asuransi perjalanan sekalian tiket di website maskapai tersebut. Namun kemarin pas saya cek code booking saya di website maskapai, saya harus konfirmasi ke pihak asuransi perjalanan saya. Langsung saya telepon asuransi perjalanan yang saya gunakan. Dan Alhamdulillah mereka mau bantu. Karena saya sudah lewat 2 hari dari hari dimana saya harus ganti jadwal asuransi perjalanan saya. Dimana paling lambat tanggal 24 November (karena tiket lama saya 24 November) tetapi saya baru hubungi pihak asuransi tanggal 26 November dan alhamdulillah dalam waktu beberapa jam langsung jadi polis asuransi perjalanan saya yang baru. 

Apa saja yang di perlukan?

-No polis yang lama (mereka kirim lewat email dikirim oleh pihak asuransi bukan maskapai)

-Email atau surat dari pihak maskapai yang mereschedule tiket saya yang menyatakan bahwa tiket saya di reschedule oleh pihak maskapai.

-etiket yang baru.

Oke begitulah pengalaman saya tentang reschedule pesawat yang pertama kali saya rasakan. Semoga bisa membantu kalian yang baru pertama kali dapat reschedule dan bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya. Semoga bisa membantu 😄


https://www.kompasiana.com/amp/wilmaximus/5ac7f59fab12ae469843b7a2/traveling

Comments